Saturday, March 17, 2012

Panduan Dalam Rental Mobil

Jakarta Rental Club adalah situs portal untuk membantu dalam pencarian mobil rental secara mudah. di menu sebelah atas situs ini terdapat beberapa nama daerah sebagai pedoman untuk menyewa rental yang paling dekat dengan tempat tinggal kita.
Jika kita klik maka akan terdapat halaman yang memuat nama rental tempat telepon dan alamat (bukan alamat lengkap). Pada nama rental apabila perusahaan rental tersebut mempunyai web site maka akan di link ke dalam nama rental mobil tersebut.
Untuk melihat rental mobil di JAKARTA TIMUR misalnya, maka kita lihat link diatas posting ini, disebelah tulisan HOME ada Jkt Timur, jika kita klik tulisan Jkt Timur tersebut maka kita akan diteruskan ke halaman yg memuat data rental mobil di Jakarta Timur
Berikut ini beberapa kiat kiat jika kita mau me-rental mobil
1. Bonafid enggaknya perusahaan rental. Rental mobil ada yang skala besar, skala menengah dan skala kecil. Dari pengalaman penulis dalam rental merental mobil, perusahaan rental yg bonafid lebih low risk dibanding perusahaan kecil.

Bonafid enggaknya perusahaan rental bisa kita lihat dari :
  • Perusahaan tersebut mempunyai kantor apa enggak.
  • Kontak person mudah dihubungi apa enggak. 
  • Ada perjanjian sebelum kontrak apa enggak. 
  • Keluhan After kontrak sewa.
atau bisa dilihat di sini gan !
2. Perjanjian Sewa Menyewa Pastikan selalu ada perjanjian sewa menyewa mobil yang meliputi pemeriksaan kondisi mobil, jika ada lecet lecet, gas, rem dsb, periksa semua dahulu dan harus tertulis semua kemudian ditandatangani kedua belah pihak.
 3. Jasa Supir. Sebelum menyewa mobil kita harus pastikan dahulu mobil tersebut dilengkapi dengan jasa supir apa tidak. Ada beberapa rental yang mengharuskan untuk memakai jasa supir. dengan emakai jasa supir memberi keuntungan kepada kita apabila mobil tersebut mengalami lecat lecet selama perjalanan, maka kita tidak akan dimintai pertanggung jawaban, lain halnya jika kita rental lepas kunci, maka jika lepas konci, jika mobil ada apa-apa kita dimintai ganti rugi.
4. Usia Mobil Hati hati dalam menyewa mobil karena usia mobil akan sangat memegang peranan. pastikan Usia mobil tidak lebih dari 3 tahun. Karena dengan merental mobil lama, resiko kita akan semakin besar.
5 Jarak tempuh Sewa : Pastikan dulu jarak tempuhnya : dalam kota atau luar kota. penentuan jarak tempuh ini sangat penting untuk menentukan harga sewa.
6. Tentukan lama waktu sewa . harian, mingguan, bulanan, atau bahkan paket sewa pertahun. masing masing pasti mempunyai harga sendiri sendiri.
7. Rental mobil yang "nakal". Tidak bisa dipungkiri, beberapa kali pengalaman menunjukkan hal ini. Ada beberapa penyewa mobil yang entah mereka sengaja atau tidak terindikasi mau menguras kantong kita dengan mengklaim hal hal yang mengada-ada. pernah saya menyewa motor yang seharinya cuman Rp.50.000 tapi klaimnya mencapai Rp. 300.000. (baca kisah saya di sewa motor bermasalah). Oleh karena itu hinmenyewa mobil pada langganan kita, atau pilih perusahaan rental yang bonafid dan maksimalkan penekanan penekanan pada saat melakukan perjanjian sewa mobil. Periksa dengan benar semua cat yang tergores, dekok, kalau ada.

No comments:

Post a Comment